Manfaat Air Beras untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagi sebagian besar orang, beras merupakan bahan makanan pokok yang kemudian diolah menjadi nasi untuk dikonsumsi bersama lauk pauk setiap harinya. Beras mengandung karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk sumber energi.

Selain sebagai bahan pangan, beras juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk merawat kecantikan. Yaitu untuk bahan perawatan wajah dan kulit. Beras dapat dimanfaatkan sebagai scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga dapat menghaluskan dan juga mencerahkan kulit. Selain itu beras juga bisa digunakan untuk menguatkan akar rambut, sebagai anti oksidan untuk kulit, pelembab kulit, dan melancarkan peredaran darah di wajah sehingga wajah terlihat segar.

air beras

Semua manfaat dari beras tersebut diambil dari sarinya, yaitu dengan merendam beras kedalam air, lalu gunakan air beras tersebut sesuai kebutuhan.

Dibawah ini akan kami jelaskan lebih detail mengenai cara dan manfaat beras yang pastinya akan berguna bagi kalian.

1. Mencerahkan  Wajah

Zat Inositol banyak terdapat pada air beras, dan Inositol tersebut dapat mempercepat pembentukan sel baru serta memperlambat penuaan. Zat tersebut juga membantu melembakan kulit wajah.

Cara pemanfaatannya yaitu rendam beras kedalam air secukupnya, selama 10 menit, kemudian ambil kapas lalu celupkan ke air beras, setelah itu tekan pelan-pelan pada wajah. Lakukan secara rutin minimal 2x sehari  selama 15 menit, agar wajah segar dan cerah.

2. Menghaluskan Kulit

Selain wajah, beras juga dapat digunakan untuk merawat kulit. Selain nantinya dapat membuat kulit bersih dan halus, kulit juga dapat terhindar dari kuman.

Cara pemanfaatanya yaitu berendam dalam air beras selama 20 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Bila perlu anda dapat gunakan sabun berbahan baku beras juga yang saat ini banyak di jual. Lakukan treatment ini secara rutin dan rasakan perubahannya. 

3. Perawatan Rambut

Selain bermanfaat untuk kulit dan wajah, air beras bermanfaat untuk kesehatan rambut. Beras juga mengandung protein yang berguna untuk menutrisi dan menguatkan akar rambut.

Cara pemanfaatanya yaitu, keramas rambut kalian dengan shampo kemudian bilas hingga bersih. Lalu cuci rambut dengan air beras, dan diamkan 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

4. Minuman Kesehatan

Beras juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman kesehatan, yang sering kita jumpai yaitu minuman Beras kencur. Minuman beras kencur sangat baik untuk tubuh. Perpaduan beras dan kecur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, penambah tenaga, penambah nafsu makan, mengobati radang dan juga perut kembung.

Cara membuatnya sebagai berikut :
  1. Rendam beras sebanyak 100 gram dalam air bersih selama 2 jam
  2. Rebus 3 gelas air kemudian campurkan dengan gula jawa, kunyit, jahe, daun pandan, dan tunggu hingga gula jawa larut dalam air mendidih.
  3. Setelah direbus, ambil jahe, kunyit, kencur kemudian giling bersama beras hingga halus.
  4. Tuang air rebusan tadi kedalam gilingan beras dan kencur lalu saring.
  5. Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis dan garam.
  6. Tambahkan gula pasir sesuai keinginan kalian.
  7. Kemudian sajikan dan minum selagi hangat.
5. Cara Mendapatkan Air Beras

Kalian dapat membuat air beras sendiri dan bisa terus memanfaatkannya. Caranya simple dan bahan-bahannya mudah didapat. Caranya adalah :
Siapkan :
  • Beras sekitar ¼ kg
  • Air secukupnya
  • Wadah untuk  mencuci beras, menyimpan air cucian beras dan juga saringan

Langkah-langkah :
  1. Cuci beras dengan air, lalu saring dan tampung air cucian beras dengan wadah yang telah disiapkan sebelumnya.
  2. Cuci kembali air beras sampai benar-benar bersih.
  3. Lalu masukkan air beras pada botol atau semacamnya.
  4. Air beras siap dipakai.

Mudah sekali bukan, semoga informasi mengenai manfaat air beras ini bisa berguna untuk kalian dan dapat menambah wawasan yang bisa kalian share ke orang lain.
Title : Manfaat Air Beras untuk Kesehatan dan Kecantikan
Description : Bagi sebagian besar orang, beras merupakan bahan makanan pokok yang kemudian diolah menjadi nasi untuk dikonsumsi bersama lauk pauk setiap h...