Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Pengobatan

Buah Delima atau nama ilmiahnya Punica granatum L. dan dalam bahasa inggris disebut pomegranate adalah tanaman buah yang termasuk dalam keluarga Punicaceae. Asal tanaman ini yaitu dari timur tengah. Biasanya delima banyak ditanam di pekarangan rumah untuk tanaman hias atapun untuk dinikmati buahnya. Tak hanya dapat tumbuh di pekarangan saja, tanaman ini juga dapat tumbuh pada ketinggian sampai 1000 Meter diatas permukaan laut.

Buah Delima
Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Pengobatan

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari buah delima untuk kesehatan. Dalam satu gelas jus buah delima saja dapat mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, kalium), tanin, Vitamin A serta Vitamin C. Kandungan utama yang terdapat dalam buah tersebut antara lain alkaloid pelletierene, betulic acid, ursolic acid, granatin, isoquercitrin, elligatanin, triterpenoid, kalsium oksalat, resin, dan pati yang terdapat pada kulit buah delima.

Tak hanya buahnya yang dapat bermanfaat untuk obat. Namun, akar, biji, bunga daun serta kulit pohonnya pun juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang telah terbukti ampuh untuk mengataso berbagai penyakit pada manusia. Berikut informasi selangkapnya mengenai manfaat buah delima serta penyakit apa saja yang dapat diatasi menggunakan tanaman ini.

Manfaat Buah Delima

Daging buah delima dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, sariawan, mengobati cacingan, sakit tenggorokan, tekanan darah tinggi (hipertensi), suara parau, sering kencing serta perut kembung. Cara memanfaatkan buah delima sebagai pengobatan penyakit diatas yaitu sebagai berikut.

Sering kencing
Siapkan buah delima yang masih segar dan sudah masak kemudian ambil isinya dan tambahkan dengan segenggam kucai. Campurkan dengan tiga gelas air bersih dan direbus sampai air tersisa separuhnya. Setelah itu dinginkan sebentar dan air hasil rebusan tersebut diminum masing-masing tiga perempat gelas 2 kali sehari.

Sariawan
Siapkan kurang lebih 2 buah delima yang masih segar dan sudah masak. Ambil isi dan juga bijinya. Tumbuk sampai halus kemudian campurkan dengan air kira-kira satu gelas dan aduk merata sampai semua bahan tercampur dan saring ampasnya. Air hasil campuran tersebut kemudian bisa digunakan untuk berkumur, lalu telan. Untuk mendapat hasil yang optimal maka lakukan 2-3 kali dalam sehari sampai benar-benar sembuh.

Suara serak, tenggorokan kering
Sipakan 1 buah delima yang masih segar dan ambil isinya, kemudian isi buah tersebut dikunyah dan buang bijinya. Lakukan 2-3 kali sehari sampai sembuh.

Batuk sudah berlangsung lama
Siapkan 1 buah delima yang belum terlalu masak kemudian pada saat sebelum tidur malam biji delima tersebut dikunyah-kunyah lalu di dibuang. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Cacingan
Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk sampai merata, lalu minum sekaligus.

Radang Gusi dan Gigi Berlubang
Untuk dapat digunakan sebagai pengobatan radang gusi dan gigi berlubang maka buah delima bisa dijadikan jus untuk berkumur dan diminum.

Wasir / Ambeien
Jus buah delima tersebut juga dapat digunakan untuk obat kompres pada wasir atau ambeien yang sedang meradang.

Manfaat Kulit Buah Delima

Kulit buah delima (shi flu pi) mempunyai manfaat untuk mengobati sakit perut karena cacing, diare kronis, buang air besar mengandung darah dan lendir (disentri amuba), perdarahan seperti wasir berdarah, perdarahan rahim, muntah darah, batuk darah, perdarahan rektum, prolaps rektum, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan (leukorea) dan juga nyeri lambung.

Cacingan
Untuk dapat digunakan mengobati cacingan, caranya mudah sekali. Rebus kulit delima kering dan ditambah dengan serbuk biji pinang (masing-masing 15 g) dan dicampur dengan tiga gelas air bersih kurang lebih selama 1 jam dengan api sedang. Setelah itu didinginkan dan disaring baru kemudian airnya minum sekaligus sebelum sarapan pagi.

Manfaat Akar Delima

Bagian akar dan kulit kayu pada tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi penyakit cacingan terutama cacing pita (taeniasis), diare, keputihan dan batuk. Caranya seperti dibawah ini

Cacingan
Untuk dapat digunakan dalam mengobati cacingan caranya yaitu : Cuci kurang lebih 7 gram akar delima yang telah dikeringkan kemudian dipotong-potong seperlunya. Setelah itu direbus selama 15 menit dengan air sebanyak satu gelas. Tunggu dingin kemudian saring dan minum airnya sekaligus.

Keputihan
Untuk digunakan mengatasi keputihan, caranya yaitu : 30 g kulit delima kering dan 15 g herba sambiloto kering direbus dengan satu liter air bersih sampai air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah itu tunggu dingin dan bagi airnya untuk dapat digunakan tiga kali minum. Air tersebut nantinya diminum saat pagi, siang, dan malam hari. Air hasil rebusan tersebut juga dapat digunakan untuk membersihkan vagina. Khusus bagi wanita yang telah menikah bisa menggunakan alat semprot yang masuk ke liang vagina.

Manfaat Bunga Pohon Delima

Bunga dari pohon delima dapat digunakan sebagai pengobatan sakit radang gusi, perdarahan dan bronkhitis. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut.

Luka
Campurkan minyak wijen dengan bunga delima atau serbuk kulit buah secukupnya dan aduk secara merata sampai bahan tersebut benar-benar tercampur. Campuran tersebut kemudian bisa oleskan pada bagian yang luka.

Perdarahan
Rebus kurang lebih 20 g bunga delima dengan tiga gelas air bersih sampai airnya tersisa separuh. Setelah itu air hasil rebusan tersebut diminum dua kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Radang gusi
Cuci terlebih dahulu bunga delima (tujuh kuntum) menggunakan air bersih. Kemudian rebus dengan segelas air bersih hingga mendidih. Tunggu sampai dingin kemudian disaring dan gunakan airnya untuk berkumur-kumur.

Manfaat Biji Buah Delima

Biji buah delima dapat bermanfaat untuk menurunkan demam, mengatasi keracunan, batuk, dan mengobati cacingan. Caranya yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk biji delima kering kedalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak dan campuran tersebut diminum sewaktu perut kosong.

Demikianlah manfaat buah delima yang merupakan salah satu buah yang eksotis. Manfaat dan khasiat tanaman ini bagi dunia pengobatan tradisional sudah tidak diragukan lagi. Anda bisa langsung mempraktekkannya dirumah untuk mendapatkan khasiatnya. Sekian dan Semoga bermanfaat.
Title : Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Pengobatan
Description : Buah Delima atau nama ilmiahnya Punica granatum L . dan dalam bahasa inggris disebut pomegranate adalah tanaman buah yang termasuk dalam ke...