Manfaat dan Fungsi Vitamin A Untuk Tubuh Manusia

Vitamin A adalah salah satu jenis dari banyaknya vitamin yang ada. Kita dapat memperoleh vitamin ini dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu, keju, hati, minyak ikan dan telur. Salah satu sayuran yang terkenal karena kandungan vitamin ini adalah wortel. Vitamin A sering merujuk pada senyawa retinol. Meski demikian, kelompok ini terdiri dari beberapa senyawa lain, yaitu retinol, retinil palmitat dan juga retinil asetat. Vitamin A memiliki rumus kimia C20H30O.

Manfaat dan Fungsi Vitamin A Untuk Tubuh Manusia

Apabila anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai fungsi dan manfaat vitamin A ini, silahkan simak informasi dibawah ini.

Fungsi dan Manfaat Vitamin A

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan.

Kesehatan Mata
Mungkin anda sudah tahu kalau vitamin A ini memang bagus sekali untuk kesehatan indera penglihatan atau mata manusia. Maka dari itu, jika kekurangan vitamin A akan berakibat fatal bagi indra penglihatan. Senyawa retinol yang terdapat dalam vitamin ini berperan penting dalam untuk membantu mengubah sinyal molekul yang diterima retina mata dan menjadikannya sebuah gambar di otak. Jadi, makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin ini agar mata lebih sehat.

Antioksidan
Beta Karoten merupakan salah satu bentuk dari vitamin A yang paling dikenal. Senyawa ini mampu menangkal radikal bebas. Entah yang berasal dari oksidasi tubuh manusia ataupun dari polusi.

Sistem Imun
Vitamin A juga memiliki fungsi yang penting dalam sistem inum eksternal yang berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, virus, bakteri, jamur serta patogen. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin A setiap harinya maka kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Mencegah Kanker
Vitamin A dapat menekan pertumbuhan DNA sel-sel kanker serta akan melawan sel-sel kanker tersebut. Maka dari itu cukupilah kebutuhan vitamin ini setiap harinya.

Penyembuhan Luka
Vitamin A mampu mempercepat dalam proses penyembuhan luka serta dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan jaringan pada tubuh kita.

Pertumbuhan
Bagi anda yang sedang mengandung, Vitamin A sangat diperlukan dalam pertumbuhan serta perkembangan embrio pada janin. Untuk itu cukupilah kebutuhan akan vitamin ini.

Konsumsi Vitamin A

  • Dosis perhari : 750 mcg
  • Gejala apalabila kekurangan vitamin A : Penglihatan menjadi berkurang / kabur, kulit menjadi kering.
  • Akibat Kelebihan vitamin A : Kelebihan vitamin ini juga tidak baik untuk kesehatan, Kerusakan yang dapat ditimbulkan antara lain : Kerusakan hati, tulang, dan gangguan penglihatan.
  • Tanda Kelebihan vitamin A : Telapak tangan dan kelopak mata berwarna kuning.
  • Makanan yang kaya vitamin A : wortel, bayam, brokoli, kangkung, ubi merah, labu, cabai, mangga, hati, produk susu, keju cheddar, yogurt, minyak ikan, telur.
Demikianlah informasi mengenai fungsi serta manfaat vitamin A untuk tubuh manusia. Semoga bisa menambah pengetahuan kita mengenai vitamin ini.
Title : Manfaat dan Fungsi Vitamin A Untuk Tubuh Manusia
Description : Vitamin A adalah salah satu jenis dari banyaknya vitamin yang ada. Kita dapat memperoleh vitamin ini dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacan...