Manfaat dan Fungsi Vitamin K (Koagulasi) Untuk Tubuh Manusia

Vitamin K atau dikenal dengan nama Koagulasi adalah vitamin yang fungsi utamanya yaitu membantu proses pembekuan darah sehingga pendarahan dapat terhenti. Vitamin ini seperti halnya Vitamin A, D dan E yang larut dalam lemak.

Manfaat dan Fungsi Vitamin K (Koagulasi) Untuk Tubuh Manusia

Setiap harinya disarankan untuk mencukupi vitamin K dengan dosis 2 mcg per 1 kg berat badan. Apabila tidak tercukupi / kekurangan Vitamin K maka dapat menyebabkan pembekuan darah tidak normal. Biasanya kekurangan vitamin ini sering terjadi pada bayi yang baru lahir dan jarang terjadi pada orang dewasa. Sebaliknya, apabila kelebihan vitamin K dapat menyebabkan anemia, mual dan muntah, diare serta ruam kulit.

Untuk mencukupi kebutuhan akan Vitamin K maka setiap hari konsumsilah makanan yang merupakan sumber dari vitamin tersebut seperti sayuran hijau, kol, brokoli, kedelai, susu, hati, dan asparagus. Apabila anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat dan fungsi vitamin K untuk tubuh silahkan langsung simak dibawah ini.

Pembekuan Darah
Diatas telah dijelaskan bahwa vitamin ini fungsinya untuk membantu pembekuan darah. Jadi, apabila kebutuhan tiap harinya tidak terpenuhi maka proses pembekuan darah akan terganggu. Contohnya apabila seseorang terdapat luka pada tubuhnya dan saat itu orang tersebut kekurangan Vitamin K maka luka itu akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat sembuh total.

Mencegah Diabetes
Sebuah penemuan yang diterbitkan dalam Diabetes Care menyebutkan bahwa peneliti di Tufts menemukan bahwa vitamin K, khususnya K1, dapat mengurangi risiko resistensi insulin sehingga membantu melawan diabetes dan membantu metabolisme di dalam tubuh terkait dengan resistensi senyawa insulin.

Pertumbuhan Tulang dan Mencegah Osteoporosis
Selain dapat mencegah diabetes, Vitamin K juga dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga struktur rangka tubuh terbentuk lebih kuat. Khususnya pada wanita, Vitamin K ini menurunkan risiko terkena osteoporosis. Vitamin K di dalam tulang akan membantu senyawa osteokalsin yang berperan dalam penyerapan mineral untuk membentuk stuktur tulang yang kuat. Osteoklasin sendiri diproduksi oleh osteoblas, kumpulan sel pembentuk tulang.

Mencegah Penyakit Hemoragik
Untuk mencegah bayi baru lahir mengidap hemogranik, maka vitamin K dapat diberikan pada bayi melalui ASI (Air Susu Ibu). Apabila sang bayi kekurangan Vitamin K dapat menyebabkan pendarahan.

Mencegah Pendarahan Hati
Vitamin K di dalam tubuh dapat menekan proses pendarahan di hati yang seringkali muncul akibat dari pemakaian obar yang mengandung senyawa aspirin atau pemakaian antibiotik secara berlebihan.

Mencegah Kanker
Dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker pada hati dan paru-paru.

Itu beberapa manfaat dan fungsi vitamin K untuk tubuh manusia. Maka dari itu, cukupilah asupan yang disarankan agar tubuh lebih sehat karena kesehatan itu mahal harganya. Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih.
Title : Manfaat dan Fungsi Vitamin K (Koagulasi) Untuk Tubuh Manusia
Description : Vitamin K atau dikenal dengan nama Koagulasi adalah vitamin yang fungsi utamanya yaitu membantu proses pembekuan darah sehingga pendarahan...