Manfaat dan Fungsi Vitamin C Untuk Tubuh Manusia

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan unttuk tubuh manusia. Vitamin ini larut dalam air dan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menangkal radikal bebas. Bentuk paling umum dari vitamin C sering merujuk pada senyawa asam askorbat atau rumus kimianya adalah C6H8O6. Jeruk menurut banyak orang adalah sumber vitamin C paling banyak, namun anggapan tersebut sebenarnya salah. Sebab, buah lemon kandungan vitamin C nya 47% lebih banyak ketimbang buah jeruk.

Manfaat dan Fungsi Vitamin C Untuk Tubuh Manusia

Selain itu, banyak sekali sumber vitamin C yang lain, seperti pada buah jambu biji, pepaya, kiwi, tomat, stroberi, arbei, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan juga hati. Apabila anda memiliki kebiasaan merokok, maka perbanyaklah konsumsi vitamin C karena merokok dapat menghilangkan 25% vitamin C dalam darah.

Apabila anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat dan fungsi vitamin untuk tubuh manusia bisa anda simak dibawah ini.

Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh


Mengatasi Flu
Vitamin C tidak secara langsung dapat menyembuhkan Flu. Akan tetapi, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C akan dapat mempercepat penyembuhan dari penyakit Flu.

Sistem Kekebalan Tubuh
Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa Vitamin C dapat menangkal radikal bebas serta berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Antioksidan
Antioksidan yang terkandung pada Vitamin C dapat berfungsi untuk memperbaiki sel atau jaringan yang rusak pada tubuh akibat radikal bebas.

Mencegah Penyakit Mata
Katarak merupakan penyakit mata yang umum dialami oleh manusia dan apabila tidak segera diatasi dapat berakibat fatal. Maka dari itu cukupilan kebutuhan akan vitamin C setiap harinya. Gunanya untuk membantu dalam mencegah penyakit katarak.

Kesehatan Kulit
Vitamin C juga berperan penting dalam kecantikan. Terutama untuk melancarkan peredaran darah dan menjadikan kulit terlihat lebih segar. Selain itu dengan memenuhi kebutuhan hariannya akan merangsang pembentukan kolagen kulit serta menjaga dari kerusakan.

Kanker
Memurut beberapa penelitian telah membuktikan bahwa wanita yang asupan Vitamin C nya terpenuhi memiliki resiko terkena kanker payudara lebih rendah ketimbang yang tidak.

Konsumsi Vitamin C

Asupan perhari : menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), jumlah asupan Vitamin C perhari adalah 45mg, sedangkan menurut Food Standard Agency di Inggris adalah 40 mg, dan menurut National Academy of Sciences di Amerika Serikat antara 60 - 95 mg setiap harinya dengan maksimal 2.000 milligram perhari.

Sumber Vitamin C : buah segar dan sayuran. Untuk buah seperti lemon, jeruk, tomat, jambu biji, pepaya, kiwi, stroberi dan untuk sayuran seperti paprika, brokoli, kubis, arbei, asparagus, kol, kentang. Atau bisa juga dari susu, mentega, ikan dan hati.

Akibat kekurangan Vitamin C : Kehilangan nafsu makan, kulit kering, rambut bercabang, kram otot, gusi berdarah, anemia / kurang darah, penyembuhan lambat dan infeksi.

Akibat kelebihan Vitamin C : Diare dan peningkatan asam lambung. Apabila berlarut-larut lama maka dapat menimbulkan nyeri pada saat buang air kecil sebab Vitamin C keluar melalui urin dalam bentuk kristal.

Nah, demikianlah informasi mengenai manfaat dan fungsi Vitamin C yang akan menambah wawasan kita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.
Title : Manfaat dan Fungsi Vitamin C Untuk Tubuh Manusia
Description : Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan unttuk tubuh manusia. Vitamin ini larut dalam air dan memiliki peran yang penting...