Manfaat dan Fungsi Vitamin D (Kalsiferol) Untuk Tubuh Manusia

Vitamin D atau dikenal dengan nama Kalsifenol merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Sama halnya seperti Vitamin A dan E, vitamin ini termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini memiliki peran yang penting bersama dengan kalsium dalam pembentukan tulang dan juga gigi. Vitamin D adalah satu-satunya vitamin yang diproduksi di dalam tubuh manusia. Jadi, kita tidak perlu menggunakan tambahan obat-obatan maupun vitamin khusus asalkan setiap harinya cukup mendapat paparan sinar matahari.

Manfaat dan Fungsi Vitamin D (Kalsiferol) Untuk Tubuh Manusia

Namun, apabila ingin menambahkan asupan Vitamin D juga bisa. Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan seperti adalah ikan tuna, udang, mentega, biji bunga matahari, dan minyak ikan. Karena makanan tersebut merupakan sumber Vitamin D yang baik untuk tubuh.

Apabila anda ingin mengetahui lebih banyak, berikut kami berikan informasi mengenai manfaat dan fungsi vitamin D untuk tubuh.

Membantu dalam Pembentukan serta Pemeliharaan Tulang

Untuk melakukan pembentukan dan pemeliharaan tulang sebenarnya tidak hanya menggunakan vitamin D saja, karena kebutuhan vitamin lain juga diperlukan seperti vitamin C, kalsium dan juga fosfor. Namun, dengan adanya Vitamin D ini maka dapat membantu kalsium dan fosfor yang ada di dalam darah mengendap kemudian terjadilah proses pengerasan tulang. Pengerasan tulang ini terjadi pada tulang kalsitriol dan juga hormon paratiroid yang merangsang pelepasan kalsium dari permukaan tulang dan masuk ke dalam darah.

Bermanfaat Untuk Kulit

Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa tubuh dapat vitamin D. Namun, apabila ingin menambahkan asupan dari makanan alami juga bisa. Sumber dari makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti ikan tuna, udang, telur, margarin dan minyak ikan. Tentunya dengan manambah asupan tersebut maka dapat membuat kulit lebih sehat. Apalagi pada vitamin D2 dan D3 yang memiliki khasiat untuk mencegah gangguan kulit seperti psoriasis dan memperbaiki kerusakan kulit. Selain itu juga dapay berfungsi untuk mencegah infeksi luka pada kulit serta membantu dalam meremajakan kulit seperti yang terkandung pada produk kecantikan.

Mencegah Kanker Kolon dan Kanker Prostat

Selain dapat bermanfaat bagi tulang dan kulit, Vitamin D juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker kolon dan kanker prostat. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mencukupi kebutuhan asupan vitamin D setiap harinya dapat menghambat penggandaan sel kanker. Jadi, dengan semakin banyak kadar vitamin D dalam darah atau sekitar 25-hidroksi maka akan semakin rendah pula kanker kolon yang akan terjadi.

Apabila anda kekurangan Vitamin D, maka gejala yang akan terjadi antara lain seperti otot dan tulang lemah, terjadi osteomalacia dan juga kadar gula darah akan meningkat. Selain itu beberapa penyakit syaraf yang bisa terjadi karena kekurangan Vitamin D contohnya seperti multiple scleorsis, alzheimer dan juga parkinson.

Demikianlah sedikit informasi mengenai manfaat vitamin D untuk tubuh manusia dan juga gejala apa saja yang bisa terjadi apabila kekurangan asupan Vitamin tersebut. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan selalu jaga kesehatan karena kesehatam mahal harganya.
Title : Manfaat dan Fungsi Vitamin D (Kalsiferol) Untuk Tubuh Manusia
Description : Vitamin D atau dikenal dengan nama Kalsifenol merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Sama halnya seperti Vitamin A dan...