Manfaat dan Fungsi Vitamin E (Tokoferol) Untuk Tubuh Manusia

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia. Penemu pertama kalinya adalah Dr. H.M Evans dari California melalui penelitiannya pada tikus betina di tahun 1922. Vitamin yang dikenal sebagai Tokoferol ini merupakan jenis yang larut dalam lemak seperti pada Vitamin A dan juga Vitamin D.

Setiap harinya dianjurkan untuk mencukupi asupan vitamin E yaitu sekitar 7mg. Apabila kekurangan vitamin E maka dapat dilihat dari proses penyembuhan luka yang lambat, namun kasus seperti itu jarang terjadi, dan apabila kelebihan vitamin E maka dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung, sakit kepala, cepat lelah, dan juga lemah otot.

Manfaat dan Fungsi Vitamin E (Tokoferol) untuk Tubuh Manusia

Vitamin E dapat kita temukan pada sayuran dan bagian bahan makanan yang berminyak seperti minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, minyak zaitun, buncis, ubi jalar dan sayuran berwarna hijau.

Manfaat dan fungsi Vitamin E untuk tubuh yaitu dapat membantu penyembuhan, mencegah terjadinya bekas luka, menjaga kesehatan sel darah merah dan saraf, melindungi membran sel serta sebagai antioksidan alami.

Manfaat dan Fungsi Vitamin E


Vitamin E banyak berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit. berikut beberapa manfaatnya untuk tubuh manusia.

Kekebalan Tubuh
Vitamin E dapat membantu dalam mengatasi stres, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesuburan, meminimalkan risiko kanker serta meminimalkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Kesehatan Kulit
Dapat menjaga kelembaban dan meningkatkan elastisitas kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi dari kerusakan yang diakibatkan oleh radiasi sinar ultraviolet, mempercepat proses penyembuhan luka.

Sebagai Antioksidan
Semua vitamin E merupakan antioksidan dan terlibat pada banyak proses tubuh serta beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting, terutama melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E dalam melaksanakan fungsinya sebagai antioksidan bekerja dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas. Dalam reaksi tersebut, vitamin E sendiri diubah menjadi radikal. Tapi radikal tersebut akan segera beregenerasi / berubah menjadi vitamin aktif melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain.

Zat Pelindung
Vitamin E berfungsi dalam melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan. Selain itu, dapat pula melindungi tubuh dari akibat penggunaan obat, bahan kimia, logam yang mendukung pembentukan radikal bebas dalam tubuh, dan juga melindungi tubuh dari kelebihan asupan vitamin A serta melindungi vitamin A dari kerusakan.

Demikianlah informasi mengenai manfaat dan fungsi vitamin E untuk tubuh manusia. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita serta dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.
Title : Manfaat dan Fungsi Vitamin E (Tokoferol) Untuk Tubuh Manusia
Description : Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia. Penemu pertama kalinya adalah Dr. H.M Evans dari California mela...