Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kandungannya

Pepaya atau nama latinnya Carica papaya adalah tanaman yang termasuk dalam family Caricaceae. Biasanya pohon ini banyak kita jumpai di pekarangan rumah maupun kebun. Asal pohon pepaya ini dari daerah Meksiko dan kita dapat melihat apabila buahnya sudah matang maka akan berwarna orange atau merah muda. Untuk menemukannya tidaklah sulit karena banyak yang menjualnya di pasar maupun dijual oleh pedagang rujak atau pedagang buah keliling.

Biji, Daun dan Buah Pepaya
Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kandungan yang terdapat di dalamnya

Karena rasanya manis serta mengandung banyak air, buah ini banyak diminati masyarakat dan biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut. Walaupun harganya murah dan juga mudah didapat, tapi manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali manfaat untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah pepaya. Apabila anda tertarik dan penasaran tentang apa saja manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan, silahkan simak dibawah ini.

Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsinya.

Mengatasi Gangguan Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Pencernaan 
Enzim papain dan serat yang terkandung dalam buah pepaya sangat bagus untuk mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar serta efektif untuk mencegah wasir. Kandungan papain yang terdapat dalam buah pepaya juga dapat berfungsi untuk membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus. Selain itu juga dapat membersihkan usus dan racun yang tidak sengaja diserap tubuh kemudian membawanya keluar dari dalam tubuh.

Antiradang
Kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Mencegah Flu
Buah Pepaya mengandung Vitamin C yang berguna untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh serta dapat mencegah dari serangan penyakit seperti batuk, pilek, sampai penyakit kanker

Menjaga Kesehatan Ginjal
Kandungan flavonoid dan phenotic yang terdapat pada biji pepaya dapat berguna untuk menjaga kesehatan ginjal.

Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Buah Pepaya mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat berguna untuk mencegah oksidasi kolesterol serta dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Mencegah penuaan dini
Selain dapat mencegah dari serangan jantung dan stroke, kandungan antioksidan dalam pepaya juga dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta mencegah dari masalah di kulit seperti flek, keriput, dan sebagainya.

Mempertajam Penglihatan
Buah Pepaya juga mengandung Betakaroten yang dapat dikonversi menjadi Vitamin A sehingga mengkonsumsinya juga akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Kesehatan Kulit
Vitamin yang terkandung dalam buah tersebut tentunya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit seperti membantu menjaga kelembaban kulit serta membantu mengembalikan kulit yang kusam menjadi lebih cerah dan segar.

Vitalitas Pria
Dalam buah pepaya terdapat kandungan enzim Arginine yang dapat berfungsi untuk mendongkrak aliran darah di area mr P sehingga membuat aliran darah pada area tersebut menjadi lebih lancar.

Nah, itulah beberapa manfaat dan khasiat dari buah dan biji pepaya bisa kita peroleh apabila mengkonsumsinya. Mengenai kandungannya bisa anda lihat dibawah ini.

Vitamin A (1.750 IU)
Vitamin B ( 0.03 mg)
Riboflavin (0.04 mg)
Niacin (0.3 mg)
Vitamin C (56 mg)
Kalsium (20 mg)
Zat Besi (0.3 mg)
Fosfor (16 mg)
Kalium (470 mg)
Lemak (0.1 gr)
Karbohidrat (10 gr)
Protein (0.6 gr)
Kalori (39)
Title : Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kandungannya
Description : Pepaya atau nama latinnya Carica papaya adalah tanaman yang termasuk dalam family Caricaceae . Biasanya pohon ini banyak kita jumpai di pe...