Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Buah Pisang atau nama ilmiahnya Musa Paradisiaca termasuk dalam keluarga Musaceae dan merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyak sekali makanan olahan yang menggunakan bahan dasar pisang, seperti roti pisang, molen, dan pisang goreng. Namun, tentunya kita juga bisa langsung menyantapnya tanpa diolah terlebih dahulu.

buah pisang

Buah yang bentuknya panjang, lonjong dan agak bengkok ini sering dikaitkan dengan monyet karena memang monyet sangat menyukainya. Apabila sudah matang, pisang akan berwarna kuning dan rasanya manis. Untuk mendapatkannya tidak sulit karena banyak sekali dijual dipasaran.

Selain harganya terjangkau, banyak sekali manfaat buah pisang terutama untuk kesehatan. Pisang juga sangat bagus untuk ibu hamil. Mengenai kandungan dan manfaatnya silahkan dibaca dibawah ini.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang


Buah pisang merupakan buah yang kaya nutrisi dan juga mudah dicerna tubuh serta bebas lemak. Kandungan yang terdapat pada buah pisang seperti dibawah ini.

Kalori
Satu buah pisang rata-rata mengandung 110 kalori dan dengan mengonsumsinya dapat memuaskan keinginan untuk makan sesuatu yang manis tanpa merusak diet.

Potasium
Kandungan potasium pada buah ini sangat terkenal. Dalam pisang berukuran sedang, kadarnya bisa mencapai 400 mg. Potasium sendiri diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf serta menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Potasium yang terkandung dalam pisang juga dapat berguna untuk mencegah kram otot setelah olahraga dan menjaga kesehatan jantung.

Vitamin C
Pisang juga kaya akan vitamin C. Dalam satu buah pisang mengandung sekitar 10mg atau sekitar 15 persen dari rekomendasi asupan Vitamin C harian.

Vitamin B6
Biasanya Vitamin B ditemukan pada produk hewani, namun ternyata pisang juga merupakan sumber vitamin B6 yang disebut pyridoxine. Dengan memakan satu buah pisang maka telah mencukupi 35 persen dari rekomendasi vitamin B6 harian. Tubuh menggunakan vitamin ini untuk menumbuhkan sel-sel baru.

Mangan
Dalam satu buah pisang mengandung 3 mg mangan. Mangan sendiri dibutuhkan oleh tulang dan metabolisme.

Serat
Kandungan serat dalam satu buah sekitar 3 gram. Serat selain dapat menyehatkan saluran cerna juga berguna untuk menjaga perut agar terasa kenyang lebih lama.

Nutrisi lain
Ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam pisang walaupun jumlahnya kecil. Antara lain, magnesium, kalsium, fosfor, Vitamin A dan E, folat, karoten, serta asam amino.

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sebagai sumber energi utama untuk tubuh. Apabila setelah melakukan olahraga maka cobalah makan pisang untuk mengembalikan energi. Atau bisa juga mengonsumsinya pada saat sarapan pagi agar pasokan energi dapat bertahan sampai waktunya makan siang.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan


Beberapa manfaat pisang untuk kesehatan antara lain seperti berikut.

Sumber energi
Pisang mengandung tiga jenis gula alami, yaitu : fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Kandungan tersebut dapat dengan cepat diubah menjadi energi.

Kesehatan jantung
Kandungan serat pada pisang sangat kaya dan dapat berguna untuk mencegah penyakit jantung koroner. Selain itu juga kandungan kalium yang tinggi namun rendah natrium. Jadi, buah ini sangat bermanfaat sekali untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Baik untuk darah
Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang sangat penting dalam pembuatan antibodi dan hemoglobin dalam darah, serta sangat penting dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Sistem saraf yang sehat
Kandungan potasium yang terdapat pada pisang mampu untuk mencegah serangan stroke. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian bahwa dengan makan pisang secara teratur dapat mengurangi 40% risiko kematian karena serangan stroke.

Kesehatan ginjal
Dengan bantuan kalium, pisang juga dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal yang berhubungan dengan ekskresi kalsium dalam urin.

Menenangkan
Vitamin B6 pada pisang atau triptofan juga memiliki peran penting dalam pembuatan hormon serotonin yang mempunyai tugas yaitu mengatur suasana hati dan juga menenangkan otak.

Mengatasi Anemia
Zat besi yang terkandung di dalam buah ini penting dalam memerangi anemia. Senyawa ini juga penting dalam pembuatan hemoglobin di dalam tubuh.

Baik untuk otak
Dengan mengonsumsi pisang dapat meningkatkan kekuatan otak. Sekitar 20% dari aliran darah tubuh dipompa ke jantung. Selain itu, otak juga memerlukan banyak energi dan oksigen untuk bekerja.

Luka lambung
Pisang mempunyai efek anti-asam yang dapat berguna untuk menenangkan perut serta meredakan rasa perih pada perut. Tak hanya itu, pisang juga dapay melawan ulkus (luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi pada lambung) dengan cara mengurangi keasaman dan iritasi pada lambung.

Mengatasi sembelit
Kandungan serat yang tinggi pada buah ini bisa berguna untuk mengatasi masalah sembelit.

Manfaat Pisang untuk Wanita dan Ibu Hamil


Pada ibu hamil yang sering mengalami morning sick atau mual-mual saat pagi hari, bisa mengonsumsi buah pisang agar kadar gula darah dapat terjaga serta menghindari rasa mual tersebut. Selain itu dengan mengonsumsinya juga akan membantu untuk mengendalikan konsisi emosionalnya.

Buah pisang juga mengandung asam folat yang tinggi, sehingga akan sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Di berbagai negara di dunia juga mempercayai kalau dengan mengonsumsinya dapat mengontrol suhu bayi agar saat bayi lahir suhunya tidak terlalu tinggi.

Selain dapat berguna untuk ibu hamil, pisang juga dapat berguna untuk wanita yang sedang mengalami PMS. Kandungan vitamin B6 yang mengatur kadar glukosa darah akan membantu mempengaruhi suasana hati agar tidak cepat emosi.

Itulah informasi mengenai manfaat buah pisang untuk kesehatan dan untuk ibu hamil serta penjelasan mengenai kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Semoga dapat bermanfaat.
Title : Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
Description : Buah Pisang atau nama ilmiahnya Musa Paradisiaca termasuk dalam keluarga Musaceae dan merupakan salah satu buah yang banyak digemari ol...