Manfaat Buah Apel dan Kandungan Nutrisinya

Buah Apel atau nama ilmiahnya Pyrus malus termasuk dalam keluarga Rosaceae. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuatnya banyak diminati oleh masyarakat dan sering dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Untuk mendapatkan buah ini juga tidaklah susah karena banyak sekali pedagang yang menjualnya.

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas mengenai manfaat masker buah apel untuk wajah. Selain dapat digunakan untuk kecantikan, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

gambar buah apel

Dalam hal pengobatan, buah ini bisa digunakan untuk mengobati susah buang air besar, mengobati diare hingga mengatasi diabetes. Buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan, antara lain dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, menangkal radikal bebas, menyehatkan gigi, mencegah kanker hingga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit alzheimer.

Lebih lengkap mengenai manfaat dan khasiat buah apel untuk tubuh dapat dibaca dibawah ini.

Sistem pencernaan
Serat yang terkandung dalam apel dapat membantu menyerap air dalam usus, sehingga sistem pencernaan menjadi lancar. Selain itu, dengan mengkonsumsi dua buah apel setiap harinya juga bermanfaat untuk mencegah penyakit pada sistem pencernaan, seperti sakit diare dan konstipasi. Serat pada apel yang tinggi juga diketahui mampu menurunkan risiko kanker usus besar.

Diabetes
Kandungan serat yang terdapat pada buah apel dapat mengontrol gula darah. Untuk mengolahnya bisa dilakukan dengan cara tradisional. Caranya, Siapkan buah apel yang sudah masak kemudian belah menjadi empat bagian dan direbus dengan air 3-4 gelas hingga mendidih. Rebus sampai airnya tinggal 2 gelas. Setelah itu disaring dan diambil airnya. Air tersebut kemudian diminum dua kali sehari setiap pagi dan sore.

Kesehatan gigi
Dengan menggigit dan mengunyah apel dapat merangsang produksi air liur di dalam mulut serta dapat mengurangi kemungkinan gigi keropos. Selain itu juga dapat menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.

Mencegah Katarak
Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel dapat meminimalkan resiko terkena katarak, yaitu sekitar 10 - 15 persen lebih sedikit ketimbang yang tidak.

Mencegah Risiko Alzheimer
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa tikus yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif dan dengan mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak.

Menurunkan Risiko Kanker
Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi bahwa pada kulit apel terdapat beberapa senyawa bernama triterpenoids. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan payudara. Pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa ekstrak buah apel mampu menurunkan jumlah dan ukuran tumor pada tikus.

Kaya antioksidan
Kandungan antioksidan pada buah apel merah yang disebut quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan sangat bermanfaat terutama untuk orang sedang mengalami depresi.

Kandungan Nutrisi
Dalam 100 gram buah apel mengandung banyak sekali zat gizi. Diantaranya adalah Pektin yang mampu menurunkan kadar kolesterol, Vitamin A (90 SI), Vitamin B1 (0,04 mg), Vitamin C (5 mg), Kalori (58 kalori), Lemak (0,4 gram), Protein (0,3 gram), Kalsium (6 mg), Fosfor (10 mg), Zat Besi (0,3 mg), Hidrat arang (14,9 gram) dan Air (84 %).

Itulah beberapa manfaat buah apel yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsinya. Sekian dan semoga bermanfaat.
Title : Manfaat Buah Apel dan Kandungan Nutrisinya
Description : Buah Apel atau nama ilmiahnya  Pyrus malus  termasuk dalam keluarga Rosaceae . Rasanya yang manis dan menyegarkan membuatnya banyak diminat...