Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk Nipis atau nama ilmiahnya Citrus aurantifolia merupakan salah satu dari sekian banyak jenis jeruk yang populer di masyarakat. Di dunia sendiri diketahui bahwa ada hampir 1300 jenis. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

Dalam bidang kesehatan, Jeruk nipis seringkali digunakan dalam ramuan tradisional seperti untuk mengatasi radang tenggorokan, masalah buang air kecil, batuk, amandel, sembelit serta masih banyak lagi. Untuk masalah kecantikan, biasanya digunakan sebagai bahan utama pada produk kosmetik kecantikan wajah dan kulit.

Buah Jeruk Nipis

Kandungan Nutrisi
Dalam 100g jeruk nipis mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah kalori 51 kal, protein 0,9 g, karbohidrat 11,4 g, mineral 0,5 g, lemak 0,2 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg dan asam askorbat 49 mg.

Dengan banyaknya kandungan vitamin diatas tentunya akan sangat berguna untuk tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dan kesehatan yang telah dibuktikan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Menghilangkan Jerawat
Jeruk Nipis banyak sekali dijadikan sebagai bahan utama pada produk kosmetik kecantikan yang beredar di masyarakat. Namun, kita dapat membuat ramuannya sendiri. Caranya, Peras jeruk nipis dan ambil airnya saja. Air tersebut kemudian teteskan pada kapas dan oleskan pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 10-15 menit baru kemudian dibilas menggunakan air dingin. Selain itu, bisa juga dijadikan minuman atau jus dan diminum setiap hari.

Perawatan Kulit Wajah
Caranya sama seperti ditas yaitu dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis ke wajah, lalu diamkan selama 10-15 menit dan dibilas dengan air sampai bersih. Apabila dilakukan secara teratur maka kulit wajah akan menjadi lebih bersih, halus, putih. Dengan cara ini juga dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Apabila ingin membuat kulit wajah lebih kenyal dan juga bersih, Caranya yaitu dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan putih telur dan diaduk sampai merata kemudian ramuan tersebut dioleskan ke wajah dan ditunggu sampai mengering baru kemudian dibilas menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih.

Memutihkan Kulit Wajah
Untuk dapat digunakan sebagai ramuan pemutih kulit wajah secara alami dan tradisional, Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sdm bubuk kunyit, 1 sdm susu bubuk dan 100 ml air perasan jeruk nipis dan diaduk sampai semua bahan tercampur. Ramuan tersebut selanjutnya dioleskan pada wajah secara merata sampai bagian leher. Diamkan sekitar 20 menit sampai mengering baru di bersihkan menggunakan air hangat dan akhiri dengan membilasnya dengan air dingin.

Merawat Kesehatan Rambut
Untuk dapat digunakan dalam perawatan kesehatan rambut dan mengatasi masalah seperti kulit kepala berminyak, rambut sulit diatur, rambut berketombe dan rontok. Caranya yaitu dengan membasuh rambut menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Kemudian diamkan sebentar dan bilas lagi menggunakan air dingin dan keramas dengan shampo sampai bersih.

Menghilangkan Bau Badan
Untuk mengatasi bau badan caranya sangat mudah sekali. Cukup dengan mengoleskan jeruk nipis yang telah diolesi bagian dalamnya dengan kapur sirih pada ketiak setelah selesai mandi. Setelah itu diamkan selama 5 menit baru kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Kandungan vitamin C yang tinggi serta kandungan lain yang terdapat pada jeruk nipis seperti asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), asam sitrun, minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, lemak, glikosida, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 sangat baik dan dibutukan oleh tubuh.

Sedangkan pada daun, buah dan bunganya mengandung minyak terbang limonin dan linalool. Dengan kandungan sebanyak itu tentunya akan sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut manfaatnya untuk kesehatan.

Baik untuk Diet
Jeruk nipis manis mengandung kalori yang rendah, maka dari itu sangat sempurna untuk diet rendah lemak. Dengan mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Kandungan protein pada jeruk nipis manis juga rendah, sehingga mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Bagi yang ingin mengikis timbunan lemak secara cepat, jeruk nipis manis adalah pilihan yang tepat.

Melancarkan Pencernaan
Flavonoid yang terkadung dalam jeruk nipis dapat meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan dan hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam dan membantu pengeluaran racun dalam dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan berguna untuk menenangkan perut apabila sedang menderita muntah, mual, ataupun diare.

Sumber Vitamin
Jeruk nipis manis mengandung minimal 50 miligram Vitamin C, sedangkan untuk kebutuhan seharinya pada pria dewasa adalah 90 miligram dan pada perempuan dewasa adalah 75 miligram. Jadi, dengan menambahkannya dalam menu harian maka kebutuhan vitamin C untuk tiap harinya sudah hampir tercukupi. Dan untuk dapat mencukupinya, bisa ditambahkan dengan mengonsumsi makanan lain.

Sumber Mineral
Jeruk nipis manis memiliki kandungan kalium yang tinggi, yaitu sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga mengandung tembaga, kalsium, besi dan fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan.

Mengatasi sembelit
Rasa manis pada jeruk nipis mengandung serat makanan yang sangat penting untuk pencegahan penyakit sembelit. Selain itu, buah ini juga dapat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari saluran usus dan membantu membersihkan usus. Untuk dapat digunakan dalam pengobatan masalah sembelit, caranya yaitu dengan meminum jus jeruk nipis yang telah ditambahkan sedikit garam.

Mengobati penyakit kuning
Jeruk nipis manis kerapkali digunakan sebagai obat alami untuk pengobatan penyakit kuning. Kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini dapat membantu meningkatkan fungsi hati serta diyakini memiliki efek meredakan demam dan penyakit kuning.

Mengatasi masalah buang air kecil
Kandungan kalium yang tinggi di dalam air jeruk nipis dapat membantu membersihkan ginjal dan kandung kemih dari racun. Maka dari itu, dengan meminum air jeruk nipis dapat menyembuhkan infeksi kandung kemih.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Dengan rutin mengonsumsi jeruk nipis, maka fungsi jantung akan meningkat dan hal itu membuat sirkulasi darah juga meningkat sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Kandungan vitamin C nya juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengobati Batuk
Jeruk nipis juga efektif untuk mengobati batuk dan seringkali digunakan untuk pengobatan batuk secara alami dan tradisional. Caranya yaitu dengan memeras satu buah jeruk nipis kedalam satu gelas air hangat dan ditambahkan dengan satu sendok makan kecap dan sedikit garam. Air racikan tersebut kemudian diminum 2-3 kali sehari.

Mengobati Amandel
Penyakit amandel juga dapat disembuhkan dengan jeruk nipis. Caranya, cuci 3 buah jeruk nipis menggunakan air bersih lalu potong-potong menjadi kecil dan rebus menggunakan 2 gelas air. Rebus hingga airnya tersisa 3/4. Jika sudah, saring dalam keadaan hangat dan gunakan air tersebut untuk berkumur. Ulangi 3-4 kali sehari.

Nah, itulah beberapa manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Cara diatas bisa dipraktekkan sendiri dirumah. Sekian dan semoga bermanfaat.
Title : Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan
Description : Jeruk Nipis atau nama ilmiahnya Citrus aurantifolia merupakan salah satu dari sekian banyak jenis jeruk yang populer di masyarakat. Di d...