Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan

Semangka atau bahasa inggrisnya watermelon adalah tanaman yang asalanya dari gurun Afrika Tengah. Buah ini bentuknya bulat namun sekarang ada juga yang bereksperimen dan membuat bentuk semangka menjadi kotak, hati dan piramid. Namun rasanya tetap sama hanya saja bentuknya yang berbeda.

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan


Buah semangka ada yang dalamnya berwarna merah dan ada juga yang berwarna kuning. Buah ini rasanya manis dan dapat menyegarkan. Lebih enak lagi apabila dikonsumsi setelah didinginkan dalam lemari es dan menyantapnya saat udara panas atau pada siang hari. Biasanya buah semangka digunakan sebagai hidangan pencuci mulut dan juga untuk menemukan buah ini sangat mudah karena banyak sekali dijual dipasaran.

Apabila anda penasaran dan ingin tahu lebih lengkap mengenai manfaat buah semangka, silahkan simak informasi dibawah ini.

Manfaat dan Kandungan


Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi 127 kJ (30 kcal)
Karbohidrat 7.55 g
Gula 6.2 g
Serat pangan 0.4 g
Lemak 0.15 g
Protein 0.61 g
Air 91.45 g
Vitamin A equiv. 28 μg (3%)
Thiamine (Vit. B1) 0.033 mg (3%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.021 mg (1%)
Niacin (Vit. B3) 0.178 mg (1%)
Asam Pantothenat (B5) 0.221 mg (4%)
Vitamin B6 0.045 mg (3%)
Folat (Vit. B9) 3 μg (1%)
Vitamin C 8.1 mg (14%)
Kalsium 7 mg (1%)
Besi 0.24 mg (2%)
Magnesium 10 mg (3%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 112 mg (2%)
Seng 0.10 mg (1%)
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Sumber: Data Nutrisi USDA
Manfaat yang bisa didapat dari kandungan nutrisi dan gizi pada buah semangka sangat banyak. Selain itu harga dari buah ini pun tidak terlalu mahal. Mengenai kandungan nitrisi dan gizinya, anda bisa melihat pada tabel disamping ini.

Selain enak untuk dijadikan makanan pencuci mulut, semangka juga mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang tidak kalah dengan buah lain. Banyak yang memanfaatkanya untuk obat alternatif penyembuhkan berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan semangka.

Kulit buah semangka bisa digunakan untuk mengobati bengkak yang terjadi akibat timbunan cairan pada penyakit ginjal, kencing manis (diabetes melitus), gatal yang disebabkan tanaman beracun, sakit saat bangun tidur pagi yang diakibatkan karena alkohol (hangover), migrain atau migren, untuk mencegah kerontokan rambut, untuk menghaluskan kulit serta menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah, kulit kasar, mengobati luka bakar, dan mengobati kulit yang rusak akibat terbakar matahari.

Daging buah semangka dapat digunakan sebagai pengobatan saat pingsan akibat udara panas (heatstroke), demam, rasa letih, rasa haus disertai mulut kering, napas berbau, air kemih berwarna gelap dan kuning tua, sakit saat buang air kecil, perut kembung akibat banyak gas, susah buang air besar (sembelit), sakit tenggorokan, sariawan, hepatitis, tekanan darah tinggi (hipertensi), keracunan alkohol (alkoholism), asam urat tinggi, menghilangkan kerutan pada wajah, disfungsi ereksi (impoten) serta dapat meningkatkan kesuburan pria.

Biji buah semangka dapat digunakan untuk obat susah buang air besar pada saat hamil atau usia tua, radang selaput lendir usus, infeksi kandung kemih, radang hati, kurang darah (anemia), membasmi cacing usus, dan busung lapar.

Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan


Selain dapat dimanfaatkan untuk obat tradisional, kita juga dapat memanfaatkan buah semangka untuk perawatan kecantikan seperti untuk merawat kulit dan juga wajah. Untuk informasi lebih lengkap mengenai manfaat buah semangka untuk kecantikan silahkan langsung simak dibawah ini.

Meremajakan kulit
Untuk dapat meremajakan kulit serta membersihkan kotoran hingga ke pori-pori, kita dapat menggunakan semangka. Caranya cukup mudah. Anda tinggal membuat masker dengan semangka yang telah dihancurkan lalu oleskan secara merata pada wajah. Dengan menggunakan masker tersebut dapat membuat wajah anda terasa lebih segar, lebab dan tentunya cantik alami.

Melembutkan dan melembabkan kulit
Semangka juga dapat berguna untuk menjaga kelembaban dan juga melembutkan kulit, caranya dengan mencampurkan 100 gram semangka yang telah dihancurkan dengan 1 sdm yogurt. Kemudian oleskan secara merapa pada bagian wajah dan leher dan biarkan dulu selama 10 menit baru kemudian dibilas sampai bersih menggunakan air dingin. Dengan cara ini maka kulit akan terjaga kelembabannya serta lebih bersinar.

Mengatasi kerutan pada wajah
Kandungan antioksidan yang terdapat pada semangka berguna untuk membantu dalam mencegah kerusakan pada kulit dan juga dapat mengatasi kerutan pada wajah. Caranya pengaplikasiannya yaitu dengan mencampurkan 100 gram semangka yang telah dihancurkan dengan alpukat yang telah dihancurkan juga. Kemudian gunakan masker dari campuran buah tersebut sebagai masker wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 menit baru kemudian dibilas menggunakan air hangat. Setelah itu bisa ditambahkan dengan mengompres wajah menggunakan es batu.

Menghilangkan noda hitam di wajah
Kita dapat memanfaatkan semangkan sebagai scrub alami untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Untuk pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 100 gram semangka dan 2 sdm garam yang telah dihancurkan dan diaduk sampai kedua bahan tersebut menyatu. Campuran tersebut selanjutnya dapat digunakan sebagai scrub alami. Pada saat pengolesan bisa ditambah dengan pijatan yang lembut dengan gerakan melingkar. Setelah itu diamkan selama 15 menit barulah dibilas sampai bersih.

Demikianlah mengenai manfaat dari buah semangka yang dapat berguna untuk kesehatan dan juga kecantikan. Semoga bermanfaat.
Title : Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan
Description : Semangka atau bahasa inggrisnya watermelon adalah tanaman yang asalanya dari gurun Afrika Tengah. Buah ini bentuknya bulat namun sekarang ad...